Cara Menghilangkan Beruntusan Pada Bayi



Anak saya tuh pernah ngalamin beruntusan karena biang keringat, wah parah banget deh beruntusannya. Dari leher sampe ujung kaki merah-merah semua. Kalau dia bisa ngomong mungkin dia akan berteriak gatal...gatal....! Tapi ya namanya bayi, dia bisanya cuma nangis, klo gak ya terlihat gelisah menahan rasa tidak nyaman di tubuhnya.

Gregetan deh pengen cepet nyembuhin beruntusan yang memenuhi seluruh tubuhnya itu. Beberapa orang menyarankan untuk memakai cream2 bayi. Tapi kenapa ya, aku tuh gak berani menempelkan produk apapun yang mengandung bahan kimia, tahu sendiri kan kulit bayi itu sensitif bgt. Aku takut kalau kulit bayiku tidak cocok dengan produk tersebut dan nanti malah menyebabkan iritasi. Ah pokoknya untuk bayi, aku gak pernah mau coba-coba dulu. Kecuali sabun sama shampoo, itu tetap saya pakaikan dari lahir.

Karena gak mau pakai bahan2 kimia, akhirnya aku pakai cara alam deh. Gak susah kok bun, cuma pakai daun sirih. Nah, karena dalam masa pengobatan, sabun dan shampoo aku stop dulu. Jadinya mandinya cuma rebusan air sirih yang udah dicampur ama air biasa.

Caranya rebus daun sirih secukupnya sampe mendidih. Lalu angkat dan campur air rebusan sirih tersebut dengan air dingin. Setelah suhunya cukup, pakailah buat mandi si kecil. Jangan lupa seluruh badannya digosok2 pelan. Kalau aku sih mandiinnya gak pke sabun dulu, benar-benar air sirih murni. 

Setelah dua hari mandi pakai air sirih, beruntusan si bayi yang warnanya merah2 itu mulai terlihat menghitam. Sekalipun telah menghitam, mandi air sirihnya tidak aku stop. Nah, setelah beruntusannya menghitam, lama2 kulitnya mengelupas, seperti sisik. Apabila kulit yang mengelupasnya itu telah hilang nanti akan menyisakan warna putih2 kecil seperti panu.

Meski terlihat seperti panu, tapi bunda tidak perlu khawatir. Tanpa diobatin pun warna putih2 itu akan menghilang sendiri. Tidak usahlah memakai obat atau cream apapun, nanti juga hilang sendiri.

Anakku yang dulu pipi dan badannya dipenuhi warna2 putih mirip panu, kini bersih tanpa sentuhan obat.

Karena kulit anakku sudah bebas dari beruntusan, aku pun mulai memakaikan sabun dan shampoo saat mandi. 

Trik ini boleh dicoba ya bunda untuk menghilangkan beruntusan pada anak. Semoga bermanfaat.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seblak, Kuliner Parahyangan Yang Makin Tenar

Bika Talubi Inovasi Trendi Dari Ragam Kuliner Bogor Yang Super Lembut