Akhirnya, Ku Temukan Cara Cerdas Mengajarkan Gaya Hidup Sehat Buat Si Kecil

Seorang ibu terlihat ngomel-ngomel sambil mengejar anaknya yang hendak di suapin. Rupanya si anak termasuk anak yang susah makan...."Sudah di akalin dengan banyak cara tapi tetep aja gak mau, Di suruh minum vitamin juga susah banget!" Gerutu si ibu.

Ya..ya...ya...Pemandangan seperti itu rasanya bukan lagi sesuatu yang aneh, apalagi buat para ibu yang sehari-hari berusaha keras untuk meningkatkan nafsu makan si kecil. Rasanya memang gregetan jika melihat si kecil susah makan. Bagaimana tidak, dalam masa pertumbuhan seperti itu jika pola makan si kecil tidak baik di khawatirkan akan menghambat pertumbuhannya. Wajar saja ya jika si ibu tadi ngomel, mungkin karena saking khawatirnya terhadap pertumbuhan si buah hati. Tapi tetep....omelan ibu adalah kasih sayang...Asal jangan berlebihan juga ya ngomelnya!!

Sebagai seorang ibu saya pun pernah merasakan hal yang sama seperti ibu tadi. Tidak hanya kerepotan di saat si kecil rewel, tapi juga kerepotan ketika kita harus berupaya setengah mati menangani kebiasaan si kecil yang susah makan. Apalagi di saat sarapan, ya ampun! Rasanya butuh ekstra kesabaran untuk merayunya agar mau sarapan. Satu lagi ni...kesabaran ibu di uji.


Banyak cara yag saya lakukan agar asupan gizi si kecil tidak berkurang. Salah satunya dengan memberi si kecil vitamin penambah nafsu makan. Saya rasa, jika si anak sudah bernafsu makan, maka dia  akan mengkonsumsi makanan apapun yang saya berikan. Dengan begitu kebutuhan nutrisinya akan terpenuhi. Tapi eh tapi...ternyata apa yang saya perkirakan itu meleset. Seperti halnya ibu tadi, anak saya ternyata tipe 'pemalas' dalam minum obat. Iya sih itu cuma suplemen, tapi anak-anak mengira kalau itu obat. Alhasil, 'penyakit' susah makan si kecil sulit di sembuhkan.

Karena pemberian vitamin gagal total, akhirnya saya kembali lagi ke alam. Artinya saya menggunakan metode tradisional. Bermodalkan bertanya dari orang tua dan searching mbah gogele, akhirnya saya menemukan metode yang cukup lumayan ampuh untuk mengatasi masalah makan anak saya ini. Salah satu metode yang saya gunakan adalah dengan menggunakan daun pandan wangi. Lah, kok pandan? Iya sih agak aneh jika mendengar daun pandan sebagai tanaman yang dapat menabah nafsu makan.

Selama ini kita mengenal daun pandan sebagai pewangi alami saja ya. Tapi rupanya daun pandan pun memiliki khasiat buat nambah nafsu makan. Dan yang paling menakjubkan ternyata daun pandan pun memiliki zat penenang yang di sebut tanin. Tanin juga terdapat dalam teh. Jadi, jika ramuan pandan dan teh ini kita padu padankan akan menambah kekayaan zat yang ada di dalamnya. Seperti yang saya lakukan kepada anak saya. Saya membuat ramuan teh dengan daun pandan yang sudah saya bland dan saya ambil sarinya saja, lalu saya kasih sedikit gula aren untuk pemanisnya. Tak di sangka si kecil mau meminum ramuan itu secara rutin. Ya, mungkin karena anak saya adalah anak penggila minuman di banding makanan karbohidrat seperti nasi, jadi ketika dia mendapatkan minuman yang saya bilang sebagai siruf itu dia langsung mau. Hasilnya, nafsu makan anak saya bertambah dan tentunya dia merasa tenang.

Nah, langkah pertama saya berhasil! Lanjut ke tahap ke dua. Saatnya saya menyiapkan menu makanan yang lengkap secara gizi. Karena si kecil sudah senang makan, maka makanan yang saya siapkan harus komplit se-komplit-komplitnya. Dalam artian saya harus menyajikan semua gizi yang di butuhkan tubuh dalam satu piring. Katakanlah saya akan menyajikan menu sehat lima sempurna. Porsi yang saya beri memang tidak banyak, cukup sedikit-sedikit asal memenuhi semua unsur mulai protein hingga vitamin yang terkandung dalam buah-buahan. Tapi, ada yang beda ni... Jika pada umumnya orang akan mengkonsumsi buah-buahan sehabis makan, maka metode yang saya terapkan tidak demikian. Saya mengajarkan si kecil untuk mengkonsumsi buah-buahan tiga puluh menit sebelum makan. Kok aneh ya? sebenarnya tidak juga, karena hal ini bisa di jelaskan secara ilmu kesehatan.

Menurut Dr.Herbert Shelton yang melakukan penelitian tentang cara konsumsi buah-buahan, makanlah buah-buahan pada waktu perut kosong / sebelum makan! Karena ketika buah bercampur dengan makanan lain akan membusuk & menghasilkan gas & dengan itu Anda akan kembung. Jika Anda telah menguasai cara yang benar makan buah-buahan, Anda memiliki umur panjang, kesehatan, energi, kebahagiaan & berat badan normal.

Dari penjelasan di atas kita sudah dapat memahami kapan sebaiknya buah di konsumsi. Tapi, sayangnya masyarakat kita terlanjur terjebak pada budaya "Membenarkan Yang Sudah Terbiasa, Bukan Membiasakan Yang Benar.". Terus, kenapa saya sarankan agar anak saya mengkonsumsi buah tiga puluh menit sebelum makan? Karena itu adalah waktu yang paling ideal untuk mencerna buah. Seperti kita tahu, buah-buahan sebagian besar memiliki tekstur yang tidak terlalu lembek bahkan ada yang keras, maka membiarkannya selama dua puluh sampai tiga puluh menit dalam perut adalah cara yang paling tepat agar semua nutrisinya bisa terserap dengan baik oleh tubuh. Selain itu, mengkonsumsi buah-buahan sebelum makan adalah bagian dari sunnah RASULLULLAH SAW.

Cara lain dalam menjaga kesehatan si kecil dan keluarga adalah dengan membiasakan minum air putih dua liter perhari untuk orang dewasa dan sedikit lebih kurang untuk anak-anak. Seperti yang kita ketahui bahwa air putih ini sangat banyak khasiatnya. Karena memang secara keseluruhan racun-racun yang ada di dalam tubuh akan keluar bersama urine. Semakin banyak kita mengkonsumsi air putih, maka semakin banyak urin yang di keluarkan dan otomatis racun dalam tubuh pun akan ikut keluar dalam jumlah yang banyak. Sebenarnya sederhan ya, cuma minum air putih. Tapi kadang kita ngerasa malas juga jika harus mengkonsumsi air putih sebanyak dua liter perhari. Rasanya kembung gitu...apalagi kalau kondisinya di pekerjaan, jadi malas kalau harus bolak-balik kamar mandi karena kebanyakan minum air. Nah, itu untuk kita yang dewasa! Apalagi buat si kecil. Jika bukan siruf atau minuman dingin lainnya, rasanya butuh perjuangan ekstra keras untuk membiasakan dia minum air putih seperti yang telah di anjurkan. Perlahan-lahan saya membiasakan dia minum air putih dan mengurangi minuman siruf yang sarat dengan pemanis buatan itu. Memang butuh waktu lama, tapi hasilnya lumayan. Konsumsi air putih anak saya sudah lebih baik.

Kenapa sih air putih sangat di anjurkan dalam tubuh kita? Jawabannya karena air putih memberi manfaat yang luar biasa buat tubuh. Ada pun manfaat air putih adalah:
  1.  Menjaga cairan tubuh. Jika cairan pada tubuh ini terjaga dengan baik, maka fungsi pencernaan, penyerapan makanan, sirkulasi dan ginjal akan berfungsi dengan baik. Air putih juga berfungsi dalam mempertahankan suhu tubuh yang normal.
  2. Menjaga kalori tubuh. Mengkonsumsi air putih akan menjaga kta dari peningkatan berat badan di banding mengkonumsi minuman berkalori tinggi seperti soft drink.
  3. Melindungi saraf tulang belakang dari jaringan sensitif pada tubuh lainnya.
  4. menjaga kesegaran kulit dan membuang racun dalam tubuh melalui urine.
Sukses dengan program air putihnya, lanjut step berikutnya. Pola hidup sehat yang di ajarkan kepada anak adalah dengan membiasakannya istirahat siang hari. Ya, anak umur empat tahunan atau lebih biasanya sangat sulit untuk di ajak tidur siang. Jika sudah asyik degan teman-temannya maka tidur siang pun terlupakan. Jika sudah begitu, maka si ibu akan turun tangan menyudahi permainannya. Ketika di ajak masuk kamar dan di suruh memejamkan mata, eh dia malah bilang, "Ibu..... Adek tidak nagantuk." Mendengar ucapan si kecil si ibu pasti tepuk jidat.

Untuk mengatasi ketidak mau-an si kecil tidur siang, saya punya cara tersendiri. Biasanya saya bilang kalau tidur siang sangat baik banget karena akan memulihkan tenaga yang sudah kita pakai. Tapi tetep aja si kecil gak mau tidur. Rasanya kantuknya rupanya kalah dengan rasa rindu ingin bermain. Karena buah hati lagi senang-senangnya main, maka untuk memancing rasa ingin tidurnya saya pun mengajak dia bermain tapi di tempat tidur. Permainan yang saya berikan adalah dengan mengajaknya berlomba memejamkan mata. Siapa yang paling lama terpejam dia yang akan menjadi pemenangnya dan mendapatkan hadiah. Nah, apabila sampai tertidur maka hadiahnya akan di tambah lagi. Ternayata cara tersebut ampuh juga, si kecil jadi bersemangat tidur siang. Meskipun ketika bangun dia menagih hadiah yang di janjikan, tapi tidak masalah. Toh hadiah yang di berikan cuma nasi goreng brokoli plus telor kesukaannya. Memang saya akui kalau awalnya dia meminta di beri hadiah mainan. Tapi bukan Emak-Emak namaya jika tidak mampu mengelak dan menipu daya. Dengan banyak alasan, akhirnya nasi goreng brokoli plus telor itu menjadi hadiah yang di rasa spesial olehnya. Alhasil, saya mendapat dua keuntungan ni....!! Bisa bikin si kecil istirahat dan bisa menyajikan si kecil MAKANAN SEHAT.

Ada lagi gaya hidup sehat yang saya terapkan pada si kecil, yaitu membiasakan dia tertidur menghadap ke arah kanan. Sepertinya sepele ya..tapi rupanya itu sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan organ tubuh lainnya. Ada pun manfaat dari tidur menghadap sebelah kanan antara lain:

  1.  Mengistirahatkan otak sebelah kiri. Dengan tidur mengarah ke sebelah kanan,  maka otak bagian kiri akan istirahat dan terhindar dari bahaya yang timbul akibat sirkulasi yang terkesan lambat  ketika tidur. Karena seperti di ketahui, bahwa otak kiri bekerja mempersarafi organ tubuh bagian kanan dan otak kanan bekerja mempersarafi organ tubuh bagian kiri.
  2. Mengurangi beban jantung. Jika kita tidur menyamping ke kanan maka akan mengurangi beban jantung karena posisi jantung yang condong ke sebelah kiri. Curah jantung akan menjadi berlebihan ketika  posisi tidur ke sebelah kiri. Karena darah yang masuk ke atrium berasal dari paru-paru kanan atas. Sedangkan paru-paru kiri memasok darah untuk paru-paru bagian kanan. 
  3. Menjaga kesehatan paru-paru. Hal ini terjadi karena paru-paru kanan lebih besar dari paru-paru kiri. Jadi, jika kita miring ke kanan maka paru-paru yang bebannya besar akan di timpa paru-paru yang bebannya  kecil. Hal itu sangat baik untuk kesehatan. Jika sebaliknya, paru-paru kiri di timpa paru-paru kanan maka akan menimbulkan resiko buat kesehatan.
  4. Menjaga pernafasan
  5. Mengistirahatkan lambung
Selain manfaat di atas, masih banyak keutamaan tidur miring ke kanan. Jadi, ayo awali gaya hidup sehat kita dari hal-hal yang di anggap sederhana.

Langkah selanjutnya yang saya lakukan untuk mengajari anak saya hidup sehat adalah dengan membiasakannya berolah raga. Sebenarnya kalau yang satu ini tidak perlu di suruh. Kayaknya aktifitas dia yang super aktif itu sudah merupakan olah raga juga lhooo.....Tapi ya tetep, tiap hari saya mengajaknya berjalan santai dan lari-lari kecil di depan rumah  untuk beberapa menit. Sesekali saya ajarkan dia bagaimana cara meregangkan otot atau gaya-gaya senam SKJ yang selalu di ajarkan di sekolah. Di akhir pekan saya ajarkan dia bermain bulu tangkis, dan di akhir bulan saya ajak dia berenang.

Gaya hidup sehat tak hanya sebatas pada asupan gizi dan olah raga. Menyentuh ruang lingkup sekitar seperti lingkungan tempat tinggal adalah bagian dari hidup sehat juga. Maka dari itu saya tanamkan pula rasa cinta terhadap kebersihan. Karena dia masih kecil, maka saya biasakan dia untuk membiasakan hidup bersih mulai dari mainan-mainan yang dia miliki hingga tempat tidur. Saya selalu menyediakan lap atau kemoceng saat dia menggunakan mainannya. Jika selesai, maka saya ajarkan bagaimana caranya me-lap rak mini di mana mainan itu di tempatkan, atau mungkin menyingkirkan debu yang menempel pada mainan tersebut. Setelahnya di haruskan cuci tangan hingga bersih. Membiasakan gosok gigi minimal dua hari sekali atau bahkan tiga kali, dan merapikan benda-benda yang ada di sekitarnya semampu yang dia bisa. Belajar kritis jika melihat tempat yang kotor dan tidak rapi, serta tidak di biasakan menaruh benda di sembarang tempat.

Apa yang saya tanamkan kepada si kecil memang menuai hasil. Dia menjadi terbiasa bersih dan rapi. Terkadang dia bisa menjabarkan mana yang merupakan makanan sehat atau tidak. Dia sering menasehati temannya jika mereka jajan sembarangan. Dia bilang begini, "jangan pake ini, ini tidak sehat! Nanti sakit perut." Mungkin itu hanya perkataan anak kecil yang biasa-biasa saja. Tapi bagi saya, itu adalah prestasi yang luar biasa karena itu menunjukan kepedulian dia terhadap kesehatan, paling tidak untuk dirinya sendiri dan teman-temannya.

Si kecil sekarang sudah mulai masuk PAUD [Pendidikan Anak Usia Dini]. Aktifitas  rutin saya ketika pagi adalah menyiapkan bekal si kecil. Saya memang mengajarkan anak  untuk membiasakan diri mengkonsumsi makanan yang di buat di rumah. Saya tidak pernah membekalinya uang jajan. Karena saya menungguinya hingga selesai pelajaran, maka jika si kecil terpaksa merengek minta jajan saya langsung bisa memantau makanan apa yang dia beli. Tapi bersyukur karena hingga saat ini si kecil masih betah dengan bekalnya dari rumah.

Sedikit tips ni...Agar si kecil tidak bosan dengan menu yang di bawanya, sebagai ibu pintar kita harus pandai berkreasi. Buatlah makanan dengan tampilan yang menarik. Ingat ya bahan-bahan yang di gunakan tak harus selalu mahal. yang penting sehat dan penuh gizi. sebagai contoh kita bisa membuat  BEKAL SEHAT dari sayuran dan telur. dengan kreasi kita bisa menaruh sayuran itu di atas telur dadar yang di bentuk menyerupai wajah boneka. Wortel buat mata, sawi buat rambut, dan tahu yang di iris panjang di buat menyerupai bibir. Atau ibu bisa memilih bahan-bahan lain dan di buat dengan karakter yang berbeda. Tanpa perlu panjang lebar saya jelaskan, kreasi sarapan seperti itu sudah banyak di praktekan oleh para ibu. Banyak referensi yang bisa di pakai untuk membuat sarapan lucu, seperti dari majalah, internet atau dari teman dan sahabat.

Salah satu kreasi makanan berkarakter

Jika ingin lebih praktis lagi dan menghindari kebosanan si kecil terhadap menu nasi sayur, bisa di ganti dengan menu lain, tapi tetep kandungan gizinya gak boleh berkurang. Kita bisa membuat makanan kaya karbohidrat dan protein seperti roti dengan selai buah tau kacang, martabak dengan dengan isian yang menyehatkan, atau cemilan-cemilan sejenis yang kaya kan gizi.

Bagi ibu yang cukup waktu luang, menyiapkan bekal si kecil dengan membuatnya sendiri memang sangat menyenangkan. Tapi, buat ibu dengan mobilitas yang cukup tinggi, ya ampuuuun....itu sangat merepotkan!!! Nah, bagi ibu yang super sibuk dan tidak punya waktu luang buat siapain bekal si kecil, sekarang ada cara praktis untuk bekal si kecil. Ibu tinggal pesan aja ke CATERING SEHAT JAKARTA GORRY GOURMET.




Catering sehat ini menyiapkan berbagai kebutuhan makanan sehat. Tidak hanya buat si kecil, bagi ibu yang ingin diet pun di sini sudah tersedia. Jika ingin membentuk otot pun sudah di sediakan racikan sehatnya. Masih banyak lagi produk sehat yang di tawarkan di catering sehat ini. Untuk masalah gizi jangan ragu jangan khawatir. Semuanya melibatkan para dokter dan ahli gizi yang mumpuni di bidangnya. Untuk lebih jelasnya kunjungi saja CATERING SEHAT JAKARTA GORRY GOURMET. Di jamin tidak akan nyesel malah ketagihan.

Lalu, apa sih keuntungannya bila kita melakukan pemesanan ke CATERING SEHAT JAKARTA GORRY GOURMET? Keuntungannya sangat banyak lho, antara lain:

  • Hemat tenaga, karena kita tidak perlu repot-repot masak ya. Apalagi buat ibu yang punya tingkat kesibukan super tinggi. Tinggal pesan...datang deh tuh makanan.
  • Harga terjangkau, jadi jangan takut kantong bolong ya. Harga yang di tawarkan sesuai kualitas dari produk yang di tawarkan.
  • Jaminan gizi seratus persen, jangan terlalu khawatir juga masalah kandungan gizinya. Semua sudah melewati proses yang cukup sempurna karena di tangani langsung oleh ahli gizi dan dokter. Kebutuhan gizi yang anda perlukan pasti terpenuhi. Produknya super steril dan anti bakteri dan anti kadaluarsa. 
  • produk beragam, menyediakan berbagai konsumsi sehat mulai dari anak-anak hingga dewasa sesuai kebutuhan. 
  • Pelayanan ramah dan mengutamakan konsumen
  • Melayani pemesanan dari seluruh Indonesia
Gimana, enak banget bukan belanja sehat di sini? Ayo buruan ikuti langkah cerdas saya meningkatkan gizi si kecil bersama CATERING SEHAT JAKARTA GORRY GOURMET atau kunjungi situsnya di www.gorrygourmet.com





Komentar

  1. Salam kenal dari blogger Ndeso. Nice sharing. Sekarang semuanya menjadi lebih mudah semenjak ada Gorry Gourmet ya... BTW saya juga ikutan loh, KUYlah kepoin blog saya...

    BalasHapus
  2. Makanan yang di ada di gorrygourmet walaupun kelihanya seperti berlemak, tapi takarannya pas, jadi gak bikin gemuk bagi yang memakanya. Kangamir dot kom

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seblak, Kuliner Parahyangan Yang Makin Tenar

Bika Talubi Inovasi Trendi Dari Ragam Kuliner Bogor Yang Super Lembut