Peran Penting Pendidikan Non Sekolah Dalam Rangka Mengembangkan Bakat, Minat dan Kemampuan Serta Pengaruhnya Terhadap Peningkatan SDM





Awalnya berselancar sana sini di google cuma cari tahu tentang lomba blog. Banyaklah bermacam-macam lomba blog yang ditemukan, mulai dari SEO hingga lomba blog yang diadakan dalam rangka merayakan berdirinya sebuah blog. Mulai dari yang hadiahnya WOW sampai hadiahnya cuma voucher belanja ratusan ribu perak dibagi-bagi oleh banyak pemenang. Hiks!

Tapi, bukan masalah hadiahnya sih yang dicari, terkhusus untuk saya pribadi tujuannya hanya ingin mengasah kemampuan menulis. Kalau kemudian jadi juara, ya itu hanya bonus. Hadiah terbesarnya adalah bertambahnya ilmu karena bisa belajar lebih banyak lagi dari mereka-mereka yang kerap jadi juara dalam berbagai kompetisi menulis. Intinya, ilmu itu lebih berharga! Betul gak?

Menyoal kompetisi blog, rasanya tiap bulan bertebaran di mana-mana. Dari sekian lomba blog yang saya temui, ada satu yang sangat menarik perhatian saya, yakni lomba blog Dumet School.


Kenapa menarik? Ya, karena lomba blog dari Dumet School ini rutin diadakan tiap bulan. Sesuatu yang tidak pernah saya temui dari penyelenggara lomba blog yang lainnya. Karena Dumet School  istiqomah dalam menyelenggarakan lomba blog per bulannya, berarti kesempatan menang sangat terbuka lebar. Dan menurut saya, itu sangat istimewa!!😍😍😍. 

Dumet School, dua suku kata ini benar-benar membuat saya penasaran. Sebenarnya ini produk apa sih, kok bisa-bisanya ngadain lomba blog tiap bulan dengan hadiah yang lumayan besar? Apa gak rugi? Pertanyaannya agak nyeleneh juga ya. Maklum, selama ini yang saya tahu kalau lomba blog itu kebanyakan ada rentang waktunya, nggak tiap bulan.

Berbekal rasa penasaran, akhirnya saya mulai mencari info tentang profil Dumet School. Saya follow-lah medsosnya Dumet School. Tak lupa saya pun cari-cari info dari web. Tralalala....ternyata Dumet School adalah sebuah sekolah (bukan sebuah produk yang selama ini saya fikirkan). Haduhhh...kemana aja ya si aku ini? Padahal di sana sudah ada tulisan SCHOOL-nya. Tapi masih juga nggak ngeh. Parah tingkat dewa!

Sekolah. Barangkali jika mendengar kata tersebut otak kita akan tertuju pada sekolah-sekolah formal. Tunggu, jangan dulu berfikir demikian! Karena  untuk Dumet School kita akan menemukan hal berbeda. Dumet School adalah sekolah non formal yang diperuntukkan bagi mereka yang berminat mengembangkan kemampuan dan bakatnya di bidang desain grafis, website dan marketing.







Dumet School merupakan  lembaga pendidikan kursus yang sudah dipercaya banyak orang dengan ribuan alumni yang datang dari berbagai profesi dan status. Kamu yang ingin menjadi seorang yang handal dalam IT, menjadi bagian dari Dumet School adalah pilihan yang tepat. Lebih kerennya lagi ternyata Dumet School ini memiliki keunggulan-keunggulan yang tidak di miliki lembaga pendidikan kursus kebanyakan lo...apa saja itu? Berikut keunggulannya:

   1. Waktu Belajar Fleksibel

Biasanya kalau sebuah lembaga belajar itu punya aturan tersendiri yang harus diikuti oleh murid-muridnya dalam hal ini adalah tentang jadwal belajar.  Tapi di Dumet School berbeda. Kita bisa mengatur jadwal sendiri kapan kita mau belajar. Jadi, kita tidak usah repot-repot berebut waktu antara kesibukan kita dan belajar di Dumet. Sehingga semuanya bisa berjalan secara seimbang. Enak banget bukan?

  2. Pengajar yang Handal

Murid yang handal dilahirkan dari guru yang handal. Kamu yang punya cita-cita ingin jadi seseorang yang handal di bidang IT, rasanya wajib nyemplung dalam pola pendidikan Dumet School. 

Guru yang mengajar di sini bukan mereka yang 'asal-asalan'. Tapi benar-benar mumpuni dibidangnya.

 3. Murid Dari Berbagai Kalangan

Murid-murid di sini datang dari berbagai kalangan, mulai dari pelajar, mahasiswa, hingga pegawai. Hal ini jelas membuktikan bahwa Dumet School adalah lembaga pendidikan kursus yang sangat berkualitas hingga dapat dipercaya semua lapisan.

 4. Semi Private

Semi private artinya walau pun cuma kamu seorang yang ada di kelas tersebut, proses belajar akan tetap berlangsung. Jelas banget ya kalau kepentingan murid itu diutamakan.

5. Ribuan Alumni

Sampai sekarang Dumet School telah menghasilkan ribuan alumni. Lebih dari delapan ribu alumni berhasil lolos dari Dumet School. Mulai dari berbagai kalangan, berbagai kota, berbagai latar belakang pendidikan dan profesi, hingga mereka yang berasal dari luar negeri seperti Malaysia. Wah, keren banget deh pokoknya!

 6. Konsultasi seumur hidup

Duh duh duh...layanan ini kok bikin saya makin jatuh cinta ya! Gimana nggak, sekalipun kita sudah lulus alias bukan lagi berstatus sebagai pelajar di Dumet School, tapi kita masih diberi layanan konsultasi secara gratis seumur hidup. Itu artinya transfer ilmu dari Dumet School tak ada habisnya buat kita. Hal itu sejalan dengan salah satu visi dan misi Dumet School yang ingin mencetak SDM yang ahli dalam IT.



Visi dan Misi dari DUMET School


VISI: Memberikan dampak positif dalam hidup orang banyak lewat Teknologi Informasi. Bisa membantu dalam membentuk SDM yang ahli dalam IT. Mewujudkan sistem pendidikan di Indonesia dan Dunia yang berkualitas pada bidang Teknologi Informasi.


MISI: Membangun sistem pembelajaran IT yang mudah di terapkan. Mengembangkan metode dan materi belajar yang efektif dan efisien. Harus selalu menjadi yang terdepan dan No. 1.



Di atas hanya sebagian kecil kelebihan dari Dumet School. Masih banyak kelebihan-kelebihan lain yang bisa kamu dapatkan apabila kamu bergabung dengan Dumet School. Intinya, Dumet School akan membina kamu secara profesional untuk menjadi seorang ahli IT sekalipun kamu adalah seorang yang buta dengan teknologi.

Dengan keseriusan para pembimbing yang handal, sudah banyak dari mereka yang mampu membuat web sendiri, bukan dari template yang tertanam. Berikut beberapa contoh template super keren yang dibuat oleh lulusan Dumet School:











Baca juga ni review positif dari para alumni Dumet School. Wah, semuanya terlihat puas! Bagaimana dengan kamu, sudah siap gabung? so pasti, kalau kamu menjadi bagian dari Dumet School, kamu pun akan mendapatkan kepuasan yang sama.












Dumet School dan Pendidikan Luar Sekolah Lainnya Adalah Sebuah Solusi 


Berangkat dari keberhasilan Dumet School dalam mencetak murid-murid tangguh khususnya di tiga bidang ini: web, marketing, dan desain grafis.  Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pendidikan di luar sekolah formal itu sangatlah penting. Jadi, berhentilah beranggapan bahwa pendidikan-pendidikan di luar sekolah formal selalu berada di urutan nomor dua. STOP, OK!

Pendidikan formal dan non formal sejatinya adalah dua hal yang saling menunjang dan melengkapi. Mari kita berfikir! Jika kita belajar di sekolah formal, barangkali kita hanya akan memiliki waktu yang sedikit untuk belajar ilmu tertentu, semisal ilmu komputer. Seperti kita tahu, di sekolah waktunya berebut dengan pelajaran yang lain. Karena waktu belajarnya sedikit, otomatis kemampuan kita pun akan berjalan lamban. Dan untuk mempercepatnya, pendidikan di luar sekolah adalah solusinya.

Dumet School adalah sebuah contoh nyata betapa pentingnya pendidikan di luar sekolah formal dalam menunjang pengembangan minat, bakat serta kemampuan. Barangkali di luar sana terdapat lembaga-lembaga non formal  lain yang menyediakan wadah bagi para peminat di bidang yang lainnya selain bidang keilmuan yang ditawarkan Dumet School. Seperti lembaga kursus bahasa, tata boga, fashion, olah raga dan lain sebagainya. Kita patut berbangga karena peminat dari pada lembaga-lembaga pendidikan non formal tersebut sangatlah banyak. Hal ini membuktikan bahwa lembaga kursus dan semacamnya telah menjadi sebuah kebutuhan.







"The purpose of education is to replace an empty mind with an open one.” — Malcolm Forbes




"Tujuan pendidikan adalah untuk mengganti pikiran kosong dengan yang terbuka." Malcolm Forbes


Seperti kata Malcolm Forbes, bahwa pendidikan dapat menggantikan fikiran kosong dengan yang terbuka, itu memang benar. Dengan pendidikan, fikiran kita akan dipenuhi berbagai macam ilmu pengetahuan. Dengan pengetahuan kita dapat memilih mana yang tepat dan tidak, mana yang benar dan salah. Kita juga bisa menghasilkan karya, menelurkan beragam inovasi dan segala gebrakan. Lebih dari itu, kita bisa membuat hidup kita menjadi lebih terarah dan teratur. Sebab ilmu tak melulu tentang rumus dan teori, tapi juga mengatur tentang cara bersikap. 

Begitu besarnya efek sebuah pendidikan dalam kehidupan insan di bumi ini. Oleh karenanya, Tuhan menjadikan manusia sabagai makhluk yang paling sempurna dengan segala akalnya. Dengan akal manusia dapat menggali segala potensi diri, termasuk menemukan bakat dan kemampuan yang dimilikinya. Kemudian bakat dan kemampuan tersebut diolah sedemikian rupa dalam sebuah wadah yang disebut pendidikan agar kelak bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat baik untuk dirinya atau orang lain.

Bakat, minat dan kemampuan adalah tiga hal yang saling berpautan. Ketiga unsur tersebut akan menjadi berkembang apabila ditampung pada wadah yang tepat, dibimbing oleh pembimbing yang handal dan profesional. Sebagaimana Dumet School menawarkan kesungguhan dalam mencetak para lulusan yang tangguh, maka diharapkan para pemilik bakat dan minat pun bisa memilih tempat yang tepat dalam mengembangkan kemampuannya. Jangan sampai salah pilih yang ujung-ujungnya malah menimbulkan kerugian waktu serta materi sementara hasil yang didapat nol besar.

Dumet School hanyalah sebuah contoh dari berbagai macam pendidikan non formal. Menurut hemat saya pada defenisi yang lebih dinamis, loka karya, pelatihan, seminar, dan di mana saja kita dapat mendapatkan ilmu dan menambah wawasan, kita bekerja dan mengamati, kemudian mendapatkan hal-hal  baru yang tidak ditemukan sebelumnya, sejatinya itulah yang disebut pendidikan non formal.

Kehadiran pendidikan non formal (di luar sekolah) memang sangat penting. Seberapa pentingkah itu? Berikut alasannya:

  • Menambah, Mengasah, dan Mempertajam Pengetahuan yang Telah Ada
Sebagai contoh adalah seorang murid yang telah mendapatkan pelajaran komputer di sekolah. Maka dengan kembali mengikuti kursus komputer otomatis kemampuannya akan semakin terasah, semakin bertambah dan semakin memahami. Bahkan, sudah dapat dipastikan bahwa kemampuannya akan melebihi mereka-mereka yang hanya mengandalkan pelatihan komputer dari sekolah. 
  • Mendapatkan Ilmu Baru
Tidak semua ilmu diajarkan di dalam sekolah. Ada ilmu- ilmu lain yang harus di dapat dari luar. Seperti ketika anda menginginkan belajar tentang website, kursus bahasa tertentu, pelatihan menari atau vokal, maka anda harus mencarinya di luar sekolah. Oleh karena itu, ketika anda memastikan diri mengikuti pendidikan non formal otomatis anda akan mendapatkan ilmu baru.
  • Mendapatkan Suasana yang Berbeda
Terkadang ada sekelompok orang yang merasa jenuh dengan suasana kelas yang sama di hampir setiap harinya. Bertemu teman yang sama, ruangan yang sama, peraturan yang sama atau bahkan guru yang sama, bagi sebagian orang itu sangat membosankan. Untuk mengakalinya agar terhindar dari kejenuhan itu adalah dengan mengikuti pendidikan non formal. Mungkin anda akan mendapatkan suasana berbeda yang akan menumbuhkan kembali etos belajar saat di sekolah nanti.
  • Menambah Jaringan
Tentu saja. Ketika kita masuk di dunia baru, maka teman-teman pun akan bertambah. Semakin bertambah teman, semakin luas pula jaringan kita. 
  • Mengurangi Mubazir Waktu
Mubazir artinya adalah sesuatu yang sia-sia atau terbuang percuma. Maka seharusnya seseorang itu tidak menyia-nyiakan waktu. Dengan mengikuti pendidikan non formal, sudah dapat dipastikan bahwa waktu luang yang ada akan menjadi lebih bermanfaat.

Bagi anak muda, barangkali ini adalah salah satu pilihan positif untuk menghindarkan diri dari pergaulan yang tidak bertanggung-jawab. Alangkah lebih baik menggunakan waktu untuk hal-hal yang penuh faedah seperti masuk di lembaga kursus dan lain sebagainya.




Tentang lembaga kursus, sekarang ini sangat mudah kita temui karena terdapat di mana-mana dengan berbagai bidang keilmuan yang ditawarkan. Namun, sebagai orang yang menginginkan tempat kursus yang berkualitas diharapkan kita bisa selektif dalam memilih. Jangan tergesa-gesa memutuskan. Ada trik dan tips yang harus diperhatikan agar tidak terjebak pada tempat kursus yang salah. Di bawah ini adalah tips untuk mendapatkan tempat kursus yang benar-benar dapat dipercaya:

  • Cari Review
Nah, yang ini rasanya yang paling pertama dicari saat akan menentukan tempat kursus yang akan kita pilih. Karena review merupakan ungkapan perasaan orang lain saat belajar di sana, maka besar kemungkinan itu mendekati kebenaran. Semakin banyak review positif kemungkinan besar lembaga tersebut memang berkualitas. Begitu sebaliknya, semakin banyak review negatif, besar kemungkinan lembaga tersebut memang kurang baik.
  • Pengakuan DIKNAS
Jangan sampai kita masuk di lembaga kursus asal-asalan. Lembaga kursus atau lembaga pendidikan luar sekolah yang memiliki kekuatan hukum contohnya adalah Dumet School. Mereka yang lulus dari sini akan mendapat sertifikat dengan NO. DIKNAS. 
  • Fasilitas Tempat
Rasanya sangat tidak mungkin kita mendapatkan pengajaran yang maksimal apabila penunjang pendidikannya tidak dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap. Jadi, lihat-lihat dulu ya apakah lembaga kursus tersebut memiliki fasilitas penunjang yang sudah lengkap atau belum.
  • Tenaga Pengajar
Selain fasilitas, tenaga pengajar yang kompeten pun menjadi ukuran kualitas sebuah lembaga pendidikan kursus. Bayangkan jika pembimbing kita adalah orang yang kurang memahami materi yang kita pelajari, bukannya solusi yang di dapat tapi malah masalah yang tak punya jawaban pasti. Kalau begitu, kita malah buang-buang waktu dong!
  • Jam Terbang
Ya, jam terbang pun menjadi salah satu penilaian dalam menentukan sebuah lembaga pendidikan kursus. Sekalipun ada banyak tempat kursus  baru yang sudah bisa memperlihatkan kualitasnya, tapi rasanya akan lebih pas apabila kita menjatuhkan pilihan pada tempat kursus yang telah bertahun-tahun dipercaya banyak orang.

Tips-tips di atas memang sangat perlu diperhatikan. Karena bagaimananpun kualitas pendidikan itu sangatlah penting, terlepas dari apakah pendidikan tersebut berada di dalam sekolah [formal] atau di luar sekolah [non formal].

Menyinggung pendidikan di luar sekolah seperti lembaga kursus dan yang lainnya, sekalipun selalu lahir dari pihak perorangan atau swasta, tapi tidak dapat dipungkiri bahwa keberadaannya begitu diperhitungkan. Bersama pendidikan formal, lembaga pendidikan non formal pun memiliki nilai kontribusi yang besar buat menunjang kualitas pendidikan di tanah air. Dumet School dan lembaga-lembaga pendidikan di luar sekolah lainnya adalah solusi bagi mereka yang ingin segera maju dalam menggapai mimpi-mimpinya.






Adapun peranan pendidikan di luar sekolah (non formal) memiliki peranan sangat penting untuk SDM suatu negara, antara lain:

  • Mencerdaskan Bangsa
Kenapa pemerintah mewajibkan belajar terhadap masyarakatnya, tak lain dan tak bukan adalah agar masyarakatnya tumbuh menjadi manusia-manusia yang cerdas. Dan salah satu ikhtiar dalam mendapatkan kecerdasan adalah dengan pendidikan. Tidak hanya pendidikan formal, pendidikan non formal pun memiliki tujuan yang sama, yakni ikut mencerdaskan bangsa. Semakin cerdas masyarakat suatu bangsa berarti semakin tinggi kualitas SDM negara tersebut.
  • Munculnya Para Profesional
Lewat pendidikan non formal, muncul orang-orang profesional di berbagai bidang. Sebut saja seorang penyanyi yang awalnya belajar dari les vokal yang kemudian bisa menjuarai berbagai festival bergengsi, olahragawan yang berasal dari perkumpulan olahraga, webmaster yang berasal dari tempat kursus komputer, atau penulis yang kemudian terkenal karena sering mengikuti seminar sastra dan lain sebagainya. Jelas sekali kalau pendidikan di luar sekolah memiliki dampak yang sangat besar bagi peningkatan SDM.
  • Mengharumkan Nama Negara
Tidak terhitung berapa banyak para profesional yang mampu membawa bendera merah putih berkibar di puncak tertinggi mengalahkan negara-negara lainnya dalam setiap ajang perlombaan internasional. Semakin sering merebut gelar juaranya, maka dunia dapat melihat seberapa besar potensi SDM yang kita miliki. 
  • Membuka Lapangan Kerja
Tidak sedikit dari mereka yang mendapakan keahliannya dari pendidikan luar sekolah kemudian dapat membangun usaha sendiri dan merekrut karyawan. Sebut saja mereka yang dahulunya mendapatkan pendidikan kursus menjahit, tata boga, kerajinan dan masih banyak lagi.

Terbukanya banyak lapangan kerja yang  dicetuskan oleh muda-mudi bangsa ini jelas membuktikan peningkatan kualitas SDM  yang semakin bertambah baik di setiap waktunya. Dari sini kita dapat melihat bagaimana pendidikan di luar sekolah mampu mencetak pribadi-pribadi mandiri, bermental wirausaha dan gigih.

Akhirnya, dari semua uraian di atas dapat ditarik benang merah bahwa keberadaan pendidikan luar sekolah sama pentingnya dengan pendidikan formal, sebab di antara keduanya terdapat dua sisi yang saling menunjang dan melengkapi dalam upaya  mencetak manusia-manusia Indonesia yang cerdas dan berkualitas.

















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seblak, Kuliner Parahyangan Yang Makin Tenar

Bika Talubi Inovasi Trendi Dari Ragam Kuliner Bogor Yang Super Lembut

Teknologi Dengan Segala Dampak Yang Di Timbulkan Dalam Kehidupan Sosial