Jika Ingin Cerdas, Jangan Bosan Makan Ayam Dan Telur!

Telur dan daging ayam merupakan sumber protein yang dapat kita temukan dimanapun. Rasanya stok makanan ini tidak pernah berkurang apalagi menyentuh kata kelangkaan. Kenaikan pada telur dan ayam pun masih berada pada tahap wajar, harganya masih bisa di jangkau oleh kalangan menengah ke bawah. Kenaikan yang lumayan tinggi terjadi pada tahun baru atau hari raya seperti idul fitri.







Kita di anjurkan untuk senantiasa mengkonsumsi telur dan daging ayam karena kandungan gizi di dalamnya sangatlah banyak. Lalu, apa saja kandungan gizi  yang terdapat dalam telur tersebut, berikut uraiannya:


  1. Protein
Bukan rahasia lagi kalau telur ini memiliki kandungan protein yang sangat banyak. Dalam satu butir telur ayam terdapat 6,5 gram protein. Jumlah yang cukup banyak. Protein berfungsi untuk merangsang pertumbuhan dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

  2. Vitamin A

Dalam telur terdapat vitamin A yang berfungsi untuk kesehatan mata. Dalam telur juga terdapat zat zexanthin dan lutein yang merupakan anti oksidan yang bagus untuk mata.

 3. Banyak Nutrisi

Didalam telur terdapat banyak nutrisi yang sangat berguna bagi tubuh. Diantaranya: Vitamin E, Vitamin K, Kalsium, Seng [Zync], Mineral dan Zat besi.

4. Dapat Meningkatkan Level HDL

HDL adalah kolestrol baik dalam tubuh. Jika seseorang mempunyai HDL yang lebih rendah, maka dia akan beresiko terkena struke, gangguan jantung dan resiko penyakit lainnya. Jika kita mengkonsumsi telur dua butir, maka akan meningkatkan level HDL sebanyak sepuluh dalam tubuh. 

5. Zat Untuk Kecerdasan Otak

Selain protein, di dalam telur pun terdapat zat yang di sebut kolin. Zat tersebut berfungsi untuk perkembangan memory. Sehingga orang yang sering mengkonsumsi telur di mungkinkan akan memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi.







Sementara itu, daging ayam pun memiliki manfaat yang luar biasa untuk tubuh. Zat-zat yang terkandung di dalamnya antara lain:

1. Zat Besi

Di dalam daging ayam terdapat zat besi yang berfungsi untuk mencegah anemia. seperti kita tahu, bahwa zat besi merupakan penyusun utama sel darah merah. Jadi, jika kita mengkonsumsi daging ayam, darah merah kita akan terjaga dan terhindar dari resiko anemia.

2. Mineral

Mineral yang terdapat di dalam daging berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Jika kekebalan tubuh kita terjaga dengan baik maka otomatis kita akan terlindungi dari banyak serangan penyakit.

3. Kalsium

Di dalam daging ayam terdapat kalsium yang bagus untuk kesehatan tulang. Semakin tinggi kalsium dalam tubuh, maka resiko osteoforosis akan semakin berkurang. Kalsium juga berfungsi untuk pertumbuhan anak-anak karena tulang-tulang mereka dalam masa perkembangan aktif.

4. Zat Pencegah Kanker

Mendengar kanker, rasanya sangat ngeri sekali. Karena penyakit ini termasuk jenis penyakit yang sangat sulit di sembuhkan bahkan cenderung mematikan. Nah, jika kita rajin mengkonsumsi daging ayam, maka resiko terkena kanker akan berkurang. Di dalam daging ayam terdapat kandungan niacin yang dapat mecegah kanker   

5. Protein

Sama halnya dengan telur, dalam daging ayam terdapat protein yang dapat berguna untuk merangsang pertumbuhan dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

Selain manfaat di atas, masih banyak manfaat-manfaat lain yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi telur dan daging ayam


Mengatasi Ketakutan Dan Kebosanan Mengkonsumsi Telur Dan Daging Ayam

" Bosan ah makan yang itu-itu aja tiap hari!"

Kata-kata itu sering kita dengar dan di ucapkan apabila mengkonsumsi makanan yang sama tiap hari atau dalam waktu yang berdekatan. Tapi, jangan merasa bosan untuk mengkonsumsi makanan yang menyehatkan. Seperti telur dan daging ayam, jika sudah tahu manfaatnya yang luar biasa, kenapa harus merasa bosan untuk mengkonsumsi makanan tersebut?

Nah, untuk menghindari kebosanan tersebut, ada banyak cara yang bisa di lakukan. Salah satunya dengan berkreasi dalam penyajian menu.

Sebagai ibu rumah tangga, saya senang bereksperimen masalah menu agar keluarga tidak merasa bosan. Termasuk dalam mengolah bahan baku telur dan daging ayam. Telur tidak hanya saya bikin sabagai telor mata sapi atau dadar, tapi juga bisa di sajikan dalam bentuk cemilan seperti dadar gulung asin telur atau goreng terong balut telur dan banyak pilihan menu lainnya yang menarik.



Macam-macam olahan telur


Dadar Gulung Telur

Nasi goreng telur

Telur rebus tabur bawang 



Untuk daging ayam, banyak sekali yang bisa di lakukan. Kita bisa membuat olahan bakso ayam, lontong isi ayam hingga kebab ayam. Intinya, apapun kreasinya, olahan yang tidak monoton akan menghindarkan kita dari rasa bosan mengkonsumsi makanan yang sama.

Sebisa mungkin, sebagai orang yang mengatur penuh masalah menu dalam keluarga, daging ayam dan telur harus senantiasa kita sajikan di meja makan dalam bentuk apapun. Terlebih bagi kita yang peduli dengan kesehatan dan kecerdasan keluarga.

                                    
                                     Macam-macam olahan daging




Ayam goreng tepung

Kebab ayam

Steak ayam




Sebagai ibu pintar, saya pun berusaha untuk tidak terlalu terdoktrin oleh anggapan bahwa telur dan daging ayam broiler itu tidak baik buat kesehatan. Pernyataan itu berkembang di masyarakat karena faktor pertumbuhan ayam broiler yang sangat cepat di banding ayam kampung. Mereka mengira bahwa pertumbuhan cepat itu karena adanya suntikan hormon kimia ke dalam tubuh ayam. Namun, faktanya hal itu tidak benar. Ayam broiler bisa tumbuh cepat karena hasil persilangan puluhan tahun secara ilmu genetika sehingga di hasilkan ayam dengan mutu genetik yang bagus. Maka, pantas pertumbuhannya cepat sekali.

Seacara hitung-hitungan pun tidak masuk akal jika ayam broiler di suntik menggunakan hormon pertumbuhan karena harganya pun tidak sebanding dengan harga jual ayam perekornya. Di pasaran, harga ayam broiler perekor sebesar 20.000 sampai 24.000, sedangkan untuk pembelian hormon sekitar 65.000 rupiah untuk satu ekor. Jika benar peternak menggunakan hormon pertumbuhan, maka dengan harga jual sebesar itu peternak akan mengalami kerugian yang cukup besar. 

Meskipun di beberapa negara suntikan hormon untuk ayam di lakukan para peternaknya, namun di indonesia sendiri hal itu sudah di larang pemerintah melalui SURAT EDARAN DIREKTUR KESEHATAN HEWAN NO 39/X11/4-1 TAHUN 1983.

Dengan adanya fakta-fakta di atas, alangkah baiknya kita menjelaskan kepada keluarga dan sekitar bahwa mengkonsumsi telur dan daging ayam broiler itu tidak seburuk yang di bayangkan. Dan yang paling penting, jangan takut lagi makan daging ayam dan telur karena semuanya sehat. 

Memang, secara kandungan gizi ayam kampung  sedikit lebih banyak. Tapi bukan berarti ayam broiler tidak memiliki kandungan gizi. Keduanya sama-sama memiliki nilai gizi, hanya tingkatannya saja yang sedikit  berbeda. Berikut tabel perbedaan gizi ayam kampung dan ayam broiler;

Jenis ayam
Energi/Kalori
Protein/gram
Lemak/gram
Ayam Kampung
246
379,9
9
Ayam Broiler
295
37
14,7

Sedangkan untuk telur ayam kampung dan telur ayam broiler, berikut perbandingan gizinya;


Jenis Telur
Energi/kkal
Protein/gr
Lemak/gr
Karbohidrat/gr
Zat Besi/mlgr
Kalsium/mlgr
Ayam Kampung
149
12,49
10,02
1,22
67 miligram
3,3 miligram
Ayam Broiler
154
12,4
10,8
0,7
3 miligram
86 miligram

Dari tabel di atas kita dapat melihat bahwa perbandingan gizi antara ayam kampung dan broiler baik itu daging atau pun telur memang tidak jauh berbeda. Hanya saja jika kita memilih daging atau telur yang rendah lemak, maka ayam kampung menjadi pilihannya. Tapi jika anda ingin sedikit berhemat namun tetap bisa menikmati telur dan daging ayam, maka ayam broiler adalah solusinya. Kemanapun anda menjatuhkan pilihan, yang pasti kedua jenis daging dan telur ini sama-sama akan memberi manfaat yang baik buat tubuh.


Upaya Untuk Mengajak Masyarakat Agar Suka Makan Daging Dan Telur Ayam



Tidak di pungkiri bahwa ada sebagian masyarakat yang anti makan daging dan telur. Salah satu alasan mereka karena bau amis yang di timbulkan. Ada juga mereka yang merupakan vegetarian. Tapi, bagaimana pun hal itu tentunya kurang baik untuk kesehatan. Tubuh memerlukan kesimbangan gizi, mulai dari vitamin hingga protein. Nutrisi yang di butuhkan tidak hanya dari sayuran tetapi juga dari ikan, telur dan daging.

Untuk itu, alangkah lebih baiknya jika kita berupaya memberi pengertian kapada masyarakat tentang pentingnya makan daging ayam dan telur. Cara yang bisa di lakukan adalah:

1. Menjelaskan Tentang Semua Kandungan Gizinya

Kandungan gizi yang terkandung di dalam telur dan daging ayam sangatlah kaya. Hal itulah yang perlu di ajarkan kepada masyarakat. Terlebih kepada mereka yang mempuyai anak yang masih dalam pertumbuhan, konsumsi telur dan daging sangat di perlukan sebagai salah satu sumber protein yang dapat menunjang kecerdasan mereka.

2. Menghapus Mitos 


Mitos bahwa mengkonsumsi telur dan daging ayam akan menimbulkan bisul hingga cacingan rupanya harus segera di hapus dari pola fikir masyarakat. Hal itu sangat penting, karena biasanya apa yang sudah di percayai masyarakat akan terus berkembang dan di wariskan secara turun temurun. Tentunya hal ini akan menjadi kendala tersendiri jika masyarakat tidak di edukasi bahwa mengonsumsi telur tidak akan menyebabkan penyakit, justru baik buat kesehatan.

3. Menekankan Bahwa Sebenarnya Telur Dan Ayam Adalah Sumber Protein Hewani Yang Paling Murah

Terkadang masyarakat kita menganggap bahwa telur dan daging ayam adalah makanan yang mahal. Terlebih bagi mereka yang tinggal di pedesaan. Mereka lebih memilih ikan asin sebagai sumber protein hewaninya karena mereka berfikir bahwa ikan asin harganya lebih murah. 

Tapi, jika di bandingakan dengan harga telur dan daging ayam, harga ikan asin tidak jauh berbeda bahkan ada yang lebih mahal dari daging ayam dan telur. Sebut saja untuk ikan asin bawal dan ikan asin mujaer yang merupakan ikan asin dengan harga termurah. Kedua ikan asin ini di patok dengan harga Rp. 16.000  perkilogram. Sedangkan telur memilki kisaran harga Rp. 18.000 perkilogram. Sebuah selisih yang sangat tipis. Sedangkan kandungan gizi telur jauh lebih tinggi dari ikan asin.

Apalagi jika kita membandingkan harga ikan asin kembung atau ikan asin lainnya yang harganya bisa mencapai 25.000-30.000 rupiah perkilogram, melebihi harga satu kilo daging ayam broiler di pasaran. Oleh karena itu, masyarakat harusnya sudah memahami bahwa telur dan daging ayam bukanlah barang mahal. 

4. Jangan Takut Soal Harga

Jika sudah tahu tentang perbandingan harga daging ayam dan telur yang ternyata murah, maka jangan takut lagi masalah harga. Sebab semahal apapun harga dari telur dan daging ayam, semuanya masih dalam tahap yang masuk akal.

Sebagai contoh, untuk kisaran harga telur termahal di warung-warung bisa mencapai 2000 rupiah perbutir. Jika dalam satu kilogram terdapat 16 butir berukuran sedang, maka satu kilo harganya sekitar Rp. 32.000, sebuah harga yang masih wajar.

Apalagi jika untuk harga sekarang ini yang hanya di jual Rp. 1.500 perbutir di warung kecil. Jika kita ingin mendapatkan harga yang lebih murah lagi, kita bisa membelinya di grosir kelontongan yang mematok harga 18.000-20.000 rupiah. Murah banget bukan?


Telur Dan Daging Ayam Sebagai Sumber Perekonomian

Jumlah peternak ayam telur dan daging ayam di Indonesia jumlahnya sangat banyak. Hal itu tentunya sangat membantu perekonomian warga yang ada di sekitar peternakan tersebut. Meskipun terkadang para peternak ini merasa mengeluh dengan kendala yang di hadapi, namun nyatanya dari tahun ke tahun populasi ayam petelur terus meningkat.

Situs Badan Pusat Statistik mencatat bahwa populasi ayam petelur di Indonesia hingga 2016 berjumlah 162. 051. 262 . Jumlah yang banyak itu membuktikan bahwa beternak ayam dan telur merupakan usaha yang menjanjikan.

Telur dan daging ayam merupakan makanan yang selalu di butuhkan setiap saat. Apalagi, sekarang ini usaha rumah makan berkembang cukup pesat. Tentunya kebutuhan telur dan daging ayam pun semakin meningkat. 
Selain untuk pasokan rumah makan dan kebutuhan sehari-hari para warga, bermacam usaha yang menggunakan bahan baku telur dan daging ayam pun bermunculan. Salah satunya adalah industri kreatif yang menyulap cangkang telur menjadi barang bernilai jual tinggi.

Di bawah ini adalah contoh cangkang telur yang telah di bentuk sedemikian rupa sehingga nampak artistik dan berharga mahal:


Melukis Cangkang Telur

Kaligrapi Cangkang Telur

Kaligrafi Cangkang Telur

Bingkai Cangkang Telur

Ukirang Cangkang Telur

Wallpaper Cangkang Telur



Selain cangkangnya, telur ayam pun bisa di buat menjadi telur asin. Ini bisa di jadikan alternatif selain telur asin yang terbuat dari telur bebek. Dari segi harga pun, telur asin ayam ini jelas akan jauh lebih murah karena harga mentahnya pun murah. Sebuah peluang usaha yang wajib di coba.

Untuk daging ayam, kita bisa mengolahnya menjadi makanan awet yang bisa di jual sebagai oleh-oleh. Kita bisa membuat makanan seperti di bawah ini:

1. Abon Ayam

Sekarang ini produksi abon tidak hanya sebatas pada daging sapi. Bahan-bahan lain seperti belut dan lele menjadi salah satu bahan dasar abon. Dari bahan baku ayam kita bisa membuat abon dan di jadikan sebagai salah satu sumber penghasilan. Selain tahan lama, abon pun menjadi salah satu lauk makan yang sangat praktis dan mudah di bawa kemana-mana.

2. Bakso Ayam

Jika ada yang pernah merasakan bakso ayam, ternyata rasanya sangat enak. Menurut saya, bakso ayam memiliki kelebihan tersendiri di banding bakso sapi. Selain karena bahan baku yang cukup murah, wangi khas dari daging ayam itu sendiri bisa tercium langsung  pada saat kita menyantap bakso ayam tersebut. Sepertinya ini menjadi peluang bagus melihat jumlah pembuat bakso ayam masih sedikit.

3. Dendeng Ayam

Macam-macam dendeng sudah bertebaran di mana-mana dengan menggunakan berbagai jenis bahan baku. Membuat dendeng ayam dan di jadikan sebagai salah satu sumber pendapatan patut kita coba. Proses pembuatan dendeng ayam ini sama seperti membuat dendeng sapi dan belut. Sangat gampang dan sedikit modal. Hanya perlu sinar matahari yang cukup untuk proses penjemuran.

4. Kerupuk Ceker

Selain daginganya, kita pun bisa memanfaatkan ceker ayam menjadi salah satu makanan yang bernilai jual tinggi. Kerupuk ceker adalah salah satu inovasi kuliner yang saat ini terus di kembangkan. Produksi kerupuk ceker ini belum berkembang secara pesat. Hanya daerah tertentu yang menyediakan kerupuk ceker sebagai oleh-oleh khasnya. Tentunya itu salah satu kesempatan bagi kita untuk merintis usaha kerupuk ceker di daerah kita.

Semua inovasi dari telur dan daging ayam ini sudah pasti memberi banyak manfaat. Di samping sebagai sumber protein, juga bermanfaat untuk menumbuhkan roda perekonomian.


Jadikan Anak-Anak Sebagai Generasi Yang Cerdas



Banyak orang beranggapan bahwa kecerdasan yang ada pada diri seseorang berasal dari faktor keturunan atau faktor genetik. Namun, faktanya tidak demikian. Kecerdasan adalah sesuatu yang bisa di usahakan dengan kerja keras dan asupan gizi yang seimbang. Sebagai contoh, sesorang yang orang tuanya tidak pandai, ketika di sekolah dia bisa memiliki prestasi yang gemilang. Ternyata si anak itu rajin belajar serta pola makannya sangat baik.

Ingat, pola makan yang baik bukan berarti mahal. Namun, apa yang di konsumsinya tersebut memenuhi semua unsur yang di butuhkan tubuh. Oleh karena itu, sebagai orang tua kita di wajibkan untuk menyajikan makanan yang akan mendorong kecerdasan anak-anak kita. Bagaimanapun, anak-anak adalah generasi penerus bangsa ini. Mereka butuh pemikiran yang cemerlang agar di kemudian hari bisa membangun negerinya menjadi lebih baik.

Berikut adalah makanan yang bisa sajikan untuk menunjung kecerdasan otak:

1. Telur

Seperti telah di jelaskan bahwa di dalam telur terdapat zat yang di sebut kolin yang berfungsi untuk perkembangan memory. Jika perkembangan memory anak kita bagus maka tingkat kecerdasannya pun akan semakin tinggi.

2. Selai Kacang

Selai kacang merupakan makanan yang baik untuk kecerdasan otak karena di dalamya terdapat vitamin E yang merupakan anti oksidan yang berfungsi memperbaiki membran syaraf.

3. Ikan Salmon

Ikan salmon mengandung asam lemak omega-3 yang sangat di butuhkan untuk pertumbuhan dan fungsi otak.

4. Daging Ayam

Jika ingin anak-anak kita cerdas sejak dalam kandungan, maka daging ayam adalah salah satu makanan yang aman untuk di konsumsi oleh ibu hamil. Daging ayam cenderung bebas dari bakteri toksoplasama jika di banding dengan daging sapi atau daging kambing. 

Sealain makanan di atas masih banyak makanan lain yang dapat membantu kecerdasan otak, seperti dari buah-buahan dan sayuran.

Untuk telur dan daging ayam, pemerintah bekerja sama dengan pihak tertentu mengadakan peringatan Hari Ayam Dan Telur Nasional. Tujuannya adalah untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya makan telur dan daging ayam untuk kecerdasan otak. Hal ini di lakukan mengingat tingkat konsumsi masyarakat terhadap telur dan daging ayam yang masih rendah. Pemerintah juga berusaha memberi tahu masyarakat bahwa telur dan daging ayam merupakan sumber protein yang paling murah dan dapat di jangkau oleh semua kalangan. Jangan sampai masyarakat malah lebih mementingkan rokok yang membahayakan ketimbang membeli telur dan daging ayam yang menyehatkan dan mencerdaskan.

Begitu pentingnya konsumsi ayam dan telur, hingga beberapa media pun ramai memberitakan akan hal ini. Berikut video yang menjelaskan ternyata masyarakat Indonesia lebih mementingkan rokok di banding ayam dan telur yang jelas-jelas menyehatkan.



sumber:yuotube

Semoga dengan adanya peringatan hari telur dan ayam ini masyarakat teredukasi untuk menjadikan telur dan daging ayam sebagai salah satu sumber makanan yang di prioritaskan.





catatan: 
Sumber gambar kreasi cangkang telur: ragamkerajinantangan.blogspot.com







  










Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seblak, Kuliner Parahyangan Yang Makin Tenar

Bika Talubi Inovasi Trendi Dari Ragam Kuliner Bogor Yang Super Lembut

Teknologi Dengan Segala Dampak Yang Di Timbulkan Dalam Kehidupan Sosial