Teknologi Dengan Segala Dampak Yang Di Timbulkan Dalam Kehidupan Sosial

Lompatan zaman sudah begitu jauh dari kata "primitip". Menembus era digital di abad ke-21 dengan segala keajaiban yang mencengangkan dari suguhan inovasi teknologi yang seolah tak ada habisnya. Ketika orang di pelosok desa sekalipun telah dapat menikmati layanan internet yang nyaris tidak pernah di nikmati pada masa lampau, maka saya pun seolah tak bisa menahan dari derasnya laju pergaulan dunia maya. Tidak sekedar berselancar di dunia situs jejaring sosial, tapi kemudian bertransformasi menjadi salah satu sumber penghasilan.

Perkembangan teknologi memang telah membuka peluang sukses bagi siapa saja yang mau berinovasi di dalamnya. Salah satu inovasi yang bersumber dari perkembangan teknologi di tanah air di tandai dengan lahirnya puluhan bahkan ratusan e-commerce yang tentunya sangat menunjang ke-praktisan  hidup masyarakat.


Para pencetus e-commerce tidak hanya muda, tentunya juga punya pemikiran yang luar biasa dalam mencetuskan inovasi yang brilian. Mereka pandai melihat kesempatan sesuai kebutuhan masyarakat modern, mampu menciptakan konten semenarik mungkin, dan mampu mengembangkan potensi diri.

Jelaslah sudah bahwa perkembangan teknologi dengan segala inovasi yang menyertainya, memiliki dampak yang sangat besar bagi kehidupan sosial masyarakat. Dimana tidak ada lagi benteng pemisah antara masyarakat perkotaan dan penduduk di pedesaan. Kedua-duanya punya akses yang cukup mulus tanpa hambatan untuk melihat dunia lebih luas lagi. Orang desa sudah bisa memiliki barang-barang yang di jual di kota tanpa ribet, tinggal pesan lalu tunggu kurir datang. Para content writer sudah bisa menghasilkan rupiah dari rumah, tanpa harus meninggalkan kampung halaman untuk menyodorkan lamaran ke perusahaan-perusahaan. Para anggota MLM bisa mendapat puluhan juta bonus tanpa harus turun naik kendaraan mencari member, cukup pasang iklan di media sosial sambil ongkang-ongkang kaki pun di bayar.

Apapun bentuknya, kehadiran teknologi yang perkembangannya sangat spektaluler ini telah membuat pola hidup masyarakat berubah ke arah yang lebih praktis. Semua bisa di kendalikan dari rumah...rumah...dan rumah!

Teknologi Dari Masa Ke Masa

Seperti halnya konsep "tumbuh dan berkembang", di mulai dari kecil hingga dewasa, dari biasa ke luar biasa. Begitu pula dengan perkembangan teknologi, mengalami perubahan ke arah yang lebih maju dari masa ke masa. 

Perkembangan teknologi di awali ketika bangsa Sumeria untuk pertama kalinya menggunakan tulisan dengan simbol-simbol yang dibentuk dari pictograf sebagai huruf. Dan perkembangan yang lebih maju di retas oleh bangsa Mesir kuno pada tahun 900 SM dengan menggunakan huruf hierogliph. 

Huruf heirogliph adalah simbol yang di gunakan untuk mengungkapkan sesuatu. Setiap simbol tentunya memiliki makna yang berbeda-beda. Apabila simbol-simbol tersebut di gabung ,menjadi sebuah kalimat, maka akan memiliki arti yang berbeda.

Lanjut pada tahun 105 M. Bangsa China menemukan kertas yang kita kenal sekarang ini. Pada saat inilah orang sudah bisa melakukan pencetakan oleh blok kayu yang di lumuri tinta atau kita sebut sebagai cap.

Perkembangan teknologi modern di awali pada tahun 1455 ketikaJohan Guntenberg untuk pertama kalinya menggunakan mesin cetak. Mesin cetak tersebut di gunakan untuk mencetak plat huruf yang terbuat dari besi yang dapat diganti-ganti dalam bingkai yang terbuat dari kayu. 

Pada tahun 1830, Augusta Lady Byron bekerja sama dengan Charles Babbage menulis program komputer yang pertama di dunia. Meskipun mereka menyebutnya sebagai komputer digital, namun pada kenyataannya komputer tersebut memiliki cara kerja yang lebih mekanis.

Mesin buatan Charles dan Byron ini muncul 94 tahun sebelum komputer ENIAC 1 muncul. ENIAC 1 adalah komputer digital pertama di dunia.

Difference Engine (Model Komputer Pertama)

Teknologi terus berkembang seiring dengan tergalinya ilmu pengetahuan manusia. Hingga akhirnya pada tahun 1837 dunia mampu di ciutkan oleh Samuel Morse lewat penemuan alat yang di sebut telegraf. Telegraf beserta sandi morse di kembangkan oleh Samuel Morse beserta kedua temannya Sir Wiliam Cook dan Sir Charles Wheatstone. Telegraf inilah yang kemudian merobohkan benteng komunikasi dan informasi yang selama ini seolah kesusahan memiliki akses. Telegraf memungkinkan orang untuk berkomunikasi tanpa di batasi oleh jarak, ruang dan waktu.

Sejak penemuan telegraf, tumbuh penemuan-pememuan baru di bidang teknologi. Seperti di temukannya alat komunikasi yang di sebut telepon oleh Alexander Graham Bell, penemuan fotografi dengan kecepatan tinggi oleh Edward Maybridge dan di ikuti oleh penemuan-penemuan lainnya. 

Kemudian tahun 1946, komputer digital pertama di dunia ENIAC I mulai dikembangkan. 26 tahun kemudian Ray Tomlinson menciptakan  E-mail pertama yang digunakan untuk berkomunikasi pada jarak jauh dengan menggunakan teks pada tahun 1972.

Internet Di Mulai

Internet yang kita kenal sekarang pun memiliki sejarah yang panjang. Setelah surat elektronik atau email tercipta, Tahun 1973-1990 istilah internet diperkenalkan dalam sebuah paper mengenai TCP/IP. Pada tahun 1981 National Scienc Fondation mengembangkan Backbone yang disebut CSNET dengan kapasitas 56 Kbps untuk setiap institusi dalam pemerintahan. Lima tahun kemudian tepatnya  pada tahun 1986 IETF mengembangkan sebuah server yang berfungsi sebagai alat koordinasi diantaranya: DDN, DARPA, ARPANET, dan Internet Gateway. 

Tahun 1992 komunitas internet pertama kali dibentuk, kemudian diperkenalkan dengan istilah World Wide Web (WWW) oleh CERN. Tahun berikutnya NSF membentuk interNIC dengan tujuan menyediakan jasa pelayanan internet menyangkut direktori dan penyimpanan data serta database (oleh AT&T), jasa registrasi (oleh Network Solution Inc), dan jasa informasi (oleh General Atomics/CERFnet). 

Provider dari perusahaan umum kemudian terbentuk pada tahun 1995 dengan membeli jaringan dari Backbone. Sejak itulah perkembangan teknologi digital berkembang pesat hingga sekarang, menembus segala batas dan memberikan dampak tersendiri bagi pola hidup sosial masyarakat.


Ada Manfaat Besar Untuk Kehidupan Sosial

Sekarang ini  dunia memang dipenuhi oleh keajaiban teknologi yang maha dahsyat. Sebuah keadaan yang sama sekali tidak di rasakan oleh manusia-manusia sebelum abad ini tiba. Kecanggihan teknologi perlahan menggiring masyarakat pada perubahan pola hidup yang lebih instan. Jika 180 tahun lalu, Samuel Morse mampu menciutkan dunia dengan penemuan telegrapnya, maka di era sekarang ini dunia sudah begitu sempit...sempit.....dan sangat sempit! Jarak antara belahan dunia yang satu dengan yang lainnya terasa begitu dekat. Dan yang mendekatkan itu semua adalah teknologi.

Teknologi telah membuat manusia bisa bertatap muka sekalipun terhalang samudera dan benua. Bisa bercakap dan mendengar suara sekalipun dari jarak yang berjuta-juta kilometer jauhnya. Teknologi pun bisa meramal tentang fenomena alam, menerjamahkan bahasa dalam hitungan detik, atau menemukan ribuan teman dalam hitungan hari. Intinya teknologi memberikan banyak faedah bagi mereka yang mau memanfaatkannya dengan baik. Dari kesemuanya itu kita dapat merangkumnya dalam beberapa poin, antara lain:

1. Memberi Kemudahan

Kemudahan yang di suguhkan oleh canggihnya teknologi menembus berbagai asfek kehidupan sosial. Mulai dari kemudahan transfortasi, ekonomi, hingga kemudahan mengakses ilmu pengetahuan dan juga dalam bidang kesehatan, pemerintahan dan budaya.

2. Tolak Ukur Kemajuan Bangsa

Banyaknya anak-anak bangsa yang berprestasi di bidang IT hingga tingkat internasional membuktikan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang wajib di perhitungkan khususnya di bidang IT. Tidak hanya Eyang Habibie yang sukses dengan 46 paten yang di milikinya atas bidang keilmuan yang di gelutinya, sejumlah ilmuwan berasal dari Indonesia pun sukses dengan paten-paten internasionalnya di bidang teknologi, sebut saja Prof. Nelson Tansu dengan 26 patennya, dan Dr. Sehat Sutardja yang memiliki 126 paten untuk penemuannya di bidang semi konduktor. Selain itu bertebaran pula para mahasiswa Indonesia yang sukses di berbagai kontes teknologi tingkat  internasional. Prestasi-prestisi semacam itu cukup di jadikan sebagai salah satu tolak ukur kemajuan suatu bangsa.

3. Menunjang Pemerintahan

Rasanya sangat sulit menjalankan pemerintahan yang maju jika tidak di tunjang dengan kemajuan teknologi yang di milikinya. Kuatnya pertahanan suatu negarapun kini di tunjang oleh kecanggihan teknologi dengan segala inovasinya seperti dalam pembuatan persenjataan dan radar pengintai atau pelacak.

4. Membuka Jendela Dunia

Tidak hanya buku yang membuka jendela dunia, tapi teknologi pun kini telah membuat jendela dunia yang lebih luas lagi terbuka. Informasi dan komunikasi bisa anda akses dalam satu klik. Apa yang anda ingin ketahui, jawabannya sudah tersedia secara rinci. Luar biasa bukan?

5. Peluang Sukses

Tidak hanya kemudahan dalam berbagai asfek, tapi lewat teknologi orang bisa tiba-tiba berada di puncak kesuksesan. Sebagai contoh adalah fenomena jutawan muda yang lahir dari pemanfaatan teknologi digital seperti bisnis online dan lain-lain.


Inovasi Teknologi Yang Membuat Orang Sukses

Setelah melewati perjalanannya yang panjang , inovasi teknologi ini seolah tak terbendung. Kita sebagai orang yang hidup di tengah keajaiban digital seakan tak kuasa untuk mengelak dari derasnya arus yang ada. Hampa rasanya sehari tanpa kuota, sepi rasanya ketika jaringan internet mati. Terkadang tontonan di layar kaca terasa membosankan dan lebih menikmati perjalanan di  dunia digital, berjam-jam pun tak bosan.

Saya menyebut orang-orang yang menghabiskan hampir seluruh waktunya dalam pergaulan teknologi dan sagala bentuk inovasi di sebut sebagai manusia digital. Menurut hemat saya bahwa manusia digital sekarang ini terbagi ke dalam dua kelompok:

A. Manusia Digital Dinamis

 Mereka ini menggunakan kecanggihan teknologi dengan tujuan yang lebih luas lagi tidak hanya terpaku pada kesenangan atau hiburan semata. Sebagai contoh adalah ketika seseorang menggunakan internet tidak hanya untuk mencari teman di situs jejaring sosial, tetapi juga berusaha mengembangkan kreatifitasnya di dunia bisnis online sehingga dari kreatifitas itu lahir inovasi cemerlang yang kemudian menjadi ladang penghasilannya.

B. Manusia Digital Non Dinamis

Mereka inilah yang menggunakan kecanggihan digital sebagai media penghibur semata tanpa berfikir untuk mendapatkan manfaat yang lebih dari itu. Memang, fenomena seperti ini masih berlaku untuk sebagian masayarakat. Entah di sadari atau tidak, bahwa apa yang mereka kerjakan sesungguhnya telah membuang peluang sukses yang sudah di depan mata. Ingat sekali lagi, era digital yang super canggih ini sesungguhnya adalah pintu kesuksesan bagi orang-orang yang mau berinovasi!

Tanah air Indonesia memiliki banyak inovator-inovator muda yang sudah unjuk gigi dengan seganap prestasi-prestasinya, di antaranya:

1. NADIEM MAKARIM



Tahu Gojek? Ah, kebangetan ya kalau gak tahu! Ya, dialah Nadiem Makarim pendiri dan CEO GO-JEK yang berdiri tahun 2010 lalu. Anak muda kelahiran Singapura 33 tahun silam ini berhasil menggebrak ranah tanah air dengan inovasinya yang spektakuler. Ia adalah Lulusan Harvard  dan Brown Universitas, Amerika Serikat. Untuk tanah kelahirannya, Indonesia, Nadiem Makarim telah memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap perluasan lapangan pekerjaan. Bagaimana tidak, hingga tahun 2015 GO-JEK telah menaungi sekitar dua ratus ribuan driver, jumlah yang sangat fastastis bukan?


2. KHOIRUL ANWAR



Apakah anda termasuk kepada orang yang bermigrasi ke jaringan 4G? Apakah anda pernah ingin tahu siapakah penemu 4G ini? Saya sarankan agar anda tidak mengira-ngira terlalu jauh bahwa penemu 4G adalah orang bule, karena sesungguhnya penemu 4G ini berasal dari tanah air kita sendiri, Indonesia.

Tepatnya adalah Prof.Dr.Eng. Khoirul Anwar yang telah menemukan dan pemilik paten teknologi 4G berbasis OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing).  Dia adalah lulusan ITB dengan predikat cumlaude di tahun 2000.

Berkat temuannya yang cemerlang di dunia transmisi teknologi nirkabel ini, Khoirul Anwar di ganjar penghargaan internasional sebagai Best Paper untuk kategori Young Scientist pada Institute of Electrical and Electronics Engineers Vehicular Technology Conference (IEEE VTC) 2010-Spring yang digelar 16-19 Mei 2010, di Taiwan.

Yang unik dari temuannya adalah tentang dari mana inspirasi 4G ini berasal. Jangan berfikir yang berat-berat dulu, karena inspirasi 4G datang hanya dari sebuah film kartun Jepang, Dragon Ball. Pada saat itu, pemeran Goku pada film kartun tersebut hendak melawan musuhnya, tapi sebelumnya dia menyerap dulu seluruh energi makhluk di bumi untuk menghasilkan energi yang lebih besar. Kemudian konsep seperti itu di terapkan Khoirul Anwar pada teknologi 4G temuannya. Sungguh satu inovasi hebat yang lahir dari kemonceran otaknya. Luar biasa!

3. ALFIAN PAMUNGKAS SAKAWIGUNA



Namanya memang tak setenar dua orang hebat yang telah saya ulas di atas. Namun, kiprah anak muda asal Sukabumi ini dalam dunia teknologi perlu di perhitungkan. Alfian adalah sosok muda yang mampu meraup penghasilan ratusan juta dari inovasi yang di telurkannya. Dia mendirikan perusahaan web hosting yang di beri nama IDCloudHost dan sudah memiliki ribuan member.

4. WILLIAM TANUWIJAYA



Nah, ini dia William Tanuwijaya, pendiri market place Tokopedia. Salah satu toko online yang namanya sudah menjadi salah satu yang terpopuler di tanah air.

Sempat menjadi penjaga warnet dan di remehkan karena di anggap punya mimpi yang ketinggian, akhirnya William dapat memetik buah manis dari kesabaran dan kegigihannya. Jargon perusahaannya "ciptakan peluangmu" memang tepat adanya. Karena sesungguhnya, sebagai pendiri raksasa toko online di tanah air, William Tanuwijaya adalah bagian dari orang yang pandai melihat peluang dan kemudian berinovasi dengan menggunakan kecanggihan teknologi yang ada. Dampak sosial dari semua itu adalah siapapun dan di manapun orang punya akses yang mudah untuk berbelanja. Tak perlu repot, tak perlu ribet. Barang yang di pesan tiba di rumah dengan selamat.


5. NIXIA



Terkadang ibu-ibu suka kesal kalau anak-anaknya banyak menghabiskan waktu untuk bermain game. Tapi, ceritanya akan lain jika anak-anak mereka bermain game tidak hanya sebagai hobi, melainkan sebagai sumber penghasilan.

Seperti gamer yang satu ini, Monica Carolina atau Nixia. Sebagai gamer profesional, Nixia sudah mengantongi ratusan juta dari hobinya itu. Pertiga bulan Nixia di gaji 159 juta rupiah dari sponsor. Belum lagi dari endorsement dan situs yang di kelolanya, NIXIA GAMER. Entah berapa banyak uang yang sudah nangkring di sakunya. Enak banget ya kerjanya Nixia ini, selain hobi juga bisa dapat penghasilan yang bejibun.

Sekali lagi, apa yang di capai oleh Nixia merupakan bukti lain dari pesatnya perkembangan teknologi yang secara nyata bisa menjembatatani orang untuk rukses, sekalipun itu datang dari sebuah hobi yang kadang menurut sebagian orang itu adalah pekerjaan yang hanya buang waktu percuma.


Kita Juga Bisa


Melihat kesuksesan dan prestasi  yang di torehkan para generasi tanah air dalam mengolah dan memanfaatkan teknologi yang ada, tentunya kita di buat berdecak kagum. Terkadang kita merasa gregetan untuk menjadi seperti mereka. Tapi, tentunya semua butuh usaha dan kerja keras. Kita bisa seperti mereka, asal kita bisa memperhatikan hal-hal di bawah ini:

1. Kenali Potensi Diri

Amati kelebihanmu, dan ketahui dimana fashionmu. Terkadang orang tidak menyadari apa yang menjadi kelebihannya, mereka malah sibuk memerhatikan kelebihan orang lain. Mengenali potensi diri sendiri adalah modal awal untuk sukses.


2. Gunakan Kesempatan Sebaik Mungkin

Ketika kita punya kesempatan untuk mengembangkan potensi diri, maka lakukanlah!. Terkadang ada kesempatan yang datang untuk kedua kalinya, tapi untuk sukses jangan menunggu hal itu. Karena mereka yang sukses tidak pernah menunda-nunda ikhtiar untuk meraih keberhasilannya.

3. Ciptakan Inovasi

Inovasi cemerlang sangatlah di perlukan dalam memuluskan jalan usaha kita. Menghadirkan "sesuatu" yang lain dari biasanya akan menambah nilai lebih. Terlebih untuk teknologi, inovasi-inovasi brilian sangatlah di perlukan. Dan hal itu pula yang akan menggiring kita pada tangga kesuksesan.

4. Fokus Dan Serius

Apapun yang kita kerjakan jika di jalani fokus dan serius akan mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Pantang Menyerah

Tidak di pungkiri bahwa rintangan itu selalu ada tatkala kita sedang memperjuangkan sesuatu, bahkan ketika kita sedang berada di puncak kesuksesan sekalipun. Pantang menyerah dan tahan banting merupakan salah satu poin penting dari sebuah keberhasilan.

6. Berserah Diri Pada Tuhan

Terkadang orang melupakan yang satu ini. Jungkir balik memperjuangkan sesuatu, tapi berpasrah kepada pemberi keberhasilan di lupakan. Kita hidup di alam syari'at, perlu usaha dan kerja. Tapi jangan lupa, bahwa hakikat dari keberhasilan yang kita raih adalah atas kehendak-Nya. Intinya, apapun yang kita raih tidak terlepas dari apa yang telah di takdirkan. Dan salah satu dari bagian dari apa yang di takdir oleh-NYA, adalah takdir yang di tentukan atas kesungguhan usaha dan kerja kita.
















































Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seblak, Kuliner Parahyangan Yang Makin Tenar

Bika Talubi Inovasi Trendi Dari Ragam Kuliner Bogor Yang Super Lembut